Rabu, 11 Februari 2015

Wedding Preparation : TATA CARA MENGURUS SURAT NIKAH

Bride n Groom's ini hal paling penting yang harus diurus sebelum lo mulai ngurus yang lain2, terutama jangan pernah bikin undangan dulu sebelum urus-mengurus surat nikah ini beres. Karena dengan mengurus surat ini, otomatis kita booking juga penghulu nya. Percuma kalau kita dah cetak undangan, ternyata jadwal pak penghulu di tanggal yang kita mau full, hayo siapa yang mau ngawinin nanti? Nah untuk ngurus surat-surat ini bride n groom's harus:
  1. Punya calon pendamping, tolong siapin pendamping dulu sebelum daftar nikah
  2. mengantongi izin menikah dari orang tua
yang harus disiapin:
contoh surat pernyataan belum pernah kewong
  1. materai 6000 sekitar 3-4 biji
  2. fotokopi KTP sekitar 4 lembar
  3. fotokopi KTP Wali nikah (terutama buat capeng wanita) sekitar 2 lembar
  4. fotokopi KK sekitar 4 lembar
  5. fotokopi KK Wali nikah (untuk yang beda rumah sama walinya. Karena wali nikah gw abang gw) sekitar 2 lembar
  6. surat pernyataan belum pernah menikah. bikin 2 lembar masing2 dilampiri materai 6000
  7. Pas foto latar merah untuk bride's & biru untuk groom's 3x4 4 lembar, 4x6 2 lembar
  8. selalu bawa dokumen, pulpen, paper clip dan semua syarat2 masukan kedalam map. in case butuh apa2 gak usah balik kerumah dulu buat ambil yang kurang.

yang harus dilakuin:
berhubung sistem dan kebijakan tiap RT & RW beda2 jadi gak mesti sama tata cara pengurusannya. Intinya aja ya gw share..
  1. minta surat pengantar nikah. Kalo di RT gw yang megang surat ini sekre RT. biasanya sekre minta fotokopi kk ama ktp bride n groom's buat arsip nya.
  2. setelah itu minta tanda tangan pak erte dan pak erwe (jangan lupa harus ada stempel)
  3. Ke kelurahan serahin Surat pengantar dari RT&RW, Fotokopi KTP, Fotokopi KK, Surat pernyataan belum pernah menikah. Petugasnya bilang duduk dulu, itu artinya prosesnya gak lama. Jajan mpek2 dulu sambil ngadem.. Tidak sampe 1 jam kita bisa dapet surat N1, N2, N4 (ingat cukup bilang terima kasih gak usah pake salam tempel segala. Jangan biasain)
  4. Ke KUA kelurahan tempat tinggal kamu, serahin surat N1, N2, N4, Fotokopi KTP, Fotokopi KK, Surat pernyataan belum pernah menikah. Kalau kamu menikah di rumah/ gedung di kelurahan yang sama maka pengurusan selesai sampai disini. (sekali lagi gak usah salam tempel. langsung aja ngeloyor belagak begok. jangan biasain yahh)
  5. Kalau kamu menikah di tempat/ gedung di kelurahan yang berbeda dari kelurahan asal kamu, maka kamu harus mengurus lagi ke KUA kelurahan tempat kamu menikah. Dengan menyerahkan surat pengantar dari KUA ASAL (surat numpang menikah yang dikeluarkan dari kelurahan asal) usahakan datang berdua calon agar pengurusan tidak perlu bolak-balik. Nah disinilah kamu booking penghulu. Enaknya sekarang tarif penghulu sudah ditentukan oleh pemerintah jadi gak perlu lagi nego2 di tempat. Rp 600k untuk menikahkan orang diluar jam kerja dan diluar gedung KUA (maksudnya di gedung pilihan yah bukan di halaman KUA kekeke). Udah gitu pembayarannya bukan CASH melainkan transfer melalui teller ke Rek. atas nama lembaga bukan per-orangan. Setelah itu kamu bakal ditanya2 ama pak penghulu nya mungkin untuk ngecek keabsahan dokumen juga kali ya, mungkin juga biar suasana gak terlalu tegang biar nanti pas ijab kabul udah gak awkward lagi udah bro gitu..
BERES. setelah itu baru deh cetak undangan..
Selamat menikah~

1 komentar: